Minggu, 13 Maret 2016

#PetGame Sejarah Game

Sejarah Game 

Game itu sendiri berasal dari bahasa inggris yang berarti permainan, game juga bisa diartikan sebagai suatu strategi dalam mencapai suatu tujuan yang ditetapkan dan menggunakan trik-trik dalam mempermainkannya.

Pada awalnya game itu sendiri berawal dari suatu kebiasaan anak-anak yang bermain bersama teman-temannya seperti kalau jaman dahulu banyak permainan kelereng dan petak umpet dan lain sebagainnya, tetapi saat ini permainan games mulai berkembang yaitu yang ada di computer dan permainan itu bisa offline maupun online, tidak luput dari orang yang mempermainkan game offlien dan online para industry pembuatajn game itu sendiri juga berlomba-lomba dalam membuat suatu karya barukarena mereka merasa games itu dapat mendatangkan keuntungan yang sangat besar karena didunia ini banyak sekali peminatnya dan mereka rela mengeluarkan uang untuk bermain game karena suatu permainan  itu sangat menyenang kan jadi ana-anak rela mengeluarkan apapun untuk bisa bermain game. Dan hal inilah yang membuat perkembangan games di computer sangatlah cepat. Dan permainan games itu tidak hanya mengisi waktu luang aja tetapi permainan ini juga ada yang digunakan untuk media pembelajaran maupun mengetes intelektual anak-anak , tetapi games inipun juga ada sisi negatifnya yaitu dapat menyebabkan kecanduan dan bagi para gamers yang sudah kecanduan nantinya akan menghambur hamburkan uangnya dan boros untuk membelanjakan games.

Games pertama kali dirilis pada bulan oktober 1997 , dan selanjutnya yaitu game Nintendo yang pertama kali menggunakan 8 bit didalam Nintendo ini ada games yang pada tahunnya sangat ngetren dan popular yaitu super Mario broos dan tentunnya ini adalah kenangan amsa kecil saya saat saya masih bermain game ini da nada juga permainan lain yaitu kontra dan lain sebagainnya, setelah populernya game Nintendo ini ada lagi keajuan games yaitu munculnya Sega Mega Drive dan permainan ini menggunakan 16 bit dan dirilis sekitar tahun 1988 dan permainan yang dlu saya mainkan adalah Guilty Gear , Sonic yang dlunya juga menjadi kenangan saya dimasa kecil saya dahulu.


Setelah Sega mulai terlupakan munculah yang dinamakan Playstation yang sudah menggunakan 32 bit tetapi pada generasi ini banyaklah sainganya diantarannya Xbox, PS2,Dreamcast dan lain-lainnya. Dan kita dapat menganalisi bahwa perkembangan games dari tahun ke tahun sangatlah cepat dan banyak sekali yang berlomba-lomba membuat game untuk kepentingan pribadi dan mendapatkan untung yang sebesar-besarnya. Setelah ini pada masa ini game semacam PlayStation mulailah merosot kepopulerannya karena banyak sekali game komputer yang tidak kalah menarik dengan PlayStation karena disamping bisa offline game di computer juga dapat offline dan bisa berhubungan dengan orang-orang diseluruh dunia, dan yang membuat game computer laku adalah apa yang bisa dilakukan di PlayStation juga dapat dilakuakn di computer misalnnya menggunakan JoyStik, menambah kartu grafis atau VGA yang lebih agar grafiknya mirip PlayStation dan juga Game-Game yang ada di PS dapat dimainkan di komputer , sehingga perkembangan PS mulailah dikalahkan dengan adanya computer yang serba bisa , sekarang ini banyak guru yang meminati game karena adannya games untuk membantu pembelajaran guru maupun untuk menambah pengetahuan muridnya , games ini juga ada yang digunakan untuk Olimpiade Matematika . games digunakan dalam pembelajaran karena pada dasarnya jika seseorang itu suka pada game dan pembelajaran disispkan kedalam game maka apa yang disampaikan itu akan mudah dicerna oleh siswa karena dengan hati yang bahagia sesusah apapun pelajarannya pasti akan bisa diterima dan menjadi teringat sampai kapanpun, maka games jangan dianggap dari sisi buruknya saja karena games juga dapat dijadikan media pembelajaran yang mungkin akan bisa mencerdaskan siswa-siswi yang malas belajar menggunakan buku tulis.

Perkembangan Game Konsol dari Jaman ke Jaman

Game dapat diartikan permainan atau ketangkasan baik itu dalam olah berpikir, olah strategi, olah ketangkasan. Dari yang muda sampai yang tua dapat menikmati sebuah permainan. Sebelumnya saya telah menjelaskan secara sederhana dan sebelum  lebih jauh game-game apa saja yang berkembang sampai sekarang. 

Generasi Pertama

Pada tahun 1972, perusahaan magnavox mengembangkan consule oddysey dikenal dengan permainan PONG yang merupakan permainan ping-pong yang dapat dimainkan dua orang. Merupakan terobosan yang tidak terduga karena antara mesin dan manusia dapat saling berinteraksi.

Generasi Kedua

Pada tahun 1976, dirilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video Sistem. Di era generasi ini yang menjadi bintang utamanya adalah konsol game ATARI. Perkembangan di generasi kedua ini melahirkan Ki-Ka (Fairchild Channel F), Atari 2600, Magnavox Oddyssey ver. 2 dan Atari 5200.

Generasi Ketiga

Pada tahun 1983, yang diproduksi di jepang dengan perusahaan Famicom atau yang sering disebut orang sebagai Nintendo. Pada generasi inilah muncul Nintendo dan sega dan secara kualitas gambar kedua konsul ini hampir sama, yang membedakan adalah Nintendo memiliki 8 bit prosessor sedangkan Sega memiliki 16 bit prosessor.

Generasi Keempat

Pada tahun 1988 dimana nintendo dan sega masih bersaing, pada saat itu Sega mengeluarkan seri sega terbaru yaitu Sega Mega Drive yang memiliki kualitas gambar lebih bagus dibandingkan dengan nintendo. Merasa tersaingi NES akhirnya mengeluarkan SNES (Super Nitendo Entertainment System). Pada tahun 1989 Nintendo merilis game-handheld yaitu game boy, NEC merilis video game sistem Turbografx-16 (PC Engine Versi Amerika), Sega merilis video game system Sega Genesis, Atari merilis game-handeld berwarna pertama Atari Lynx. Pada Tahun 1990 Trip Hawkin mendirikan 3DO, NEC merilis Turbografx CD untuk Trubografx-16, mengupgrade dengan CD-Rom squaresoft merilis Final Fantasy pertama. Sega merilis game handheald Game Gear. Tahun 1991 Commodore merilis video game rumahan berbasis CD. Fujitsu merilis FM Towns Marty. Nitendo merilis Super Nintendo. Tahun 1992 philips merilis video game rumahan berbasis CD, CD-i. Sega merilis ekspansi Sega CD untuk Sega Genesis.

Generasi Kelima

Generasi ini mulai munculnya konsol game Sony Playstation yang dikembangkan oleh perusahaan dari Jepang yaitu Sony. Sudah memiliki gambar 3D dan menggunakan prosessor 32 bit. Kualitas gambar hampir seperti real

Generasi keenam

Generasi ini mulai munculnya konsol-konsol game dari Sony, Sega, Nintendo serta munculnya konsol game baru yang diluncurkan oleh Microsoft yang diberi nama Xbox. Pengembangan dari Sony sendiri dia membuat Playstation 2 yang menggunakan RAM dan menggunakan kepingan DCD karena data dari video game yang disimpan cukup besar.

Generasi Ketujuh

Persaingan konsol game makin ketat, yaitu Sony mengeluarkan playstation 3 yang memiliki kualitas gambar real dan menggunakan blue ray, blue ray berkapasitas 200 Gb. Nintendo mengeluarkan Nintendo Wii. Xbox dari Microsoft mengeluarkan Xbox 360. Dan mulai dikembangkan teknologi dengan sistem permainan online yang melibatkan banyak orang atau multiplayer.

Generasi Kedelapan

Di generasi kedelapan, konsol game semakin canggih dengan berbagai dukungan sensor hingga hadirnya fitur-fitur yang tidak hanya mampu sebagai konsol game, namun juga mampu sebagai Multimedia-Machine. Seperti Microsoft XBOX-One dengan Sensor Kinect , Nintendo Wii-U dengan sensor Wii Remote dan Playstation 4 dengan Sensor Playstation Move.

Sumber: 

http://todepoin.com/7-tujuh-perkembangan-game-konsul-dari-jaman-ke-jaman/

http://www.kompasiana.com/www.emuparadise.me/sejarah-munculnya-game_5520c054a33311514846cef9

http://www.wadezig.com/2015/konsol-game-dari-masa-ke-masa/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar