Unity 3D
Unity 3d adalah salah satu
software yang bagus untuk mengembangkan game 3D dan selain itu juga merupakan
software atau aplikasi yang interaktif dan atau dapat juga digunakan untuk
membuat animasi 3 dimensi. Unity lebih tepat
dijelaskan sebagai salah satu software untuk mengembangkan video game
atau disebut juga game engine , yang sebanding dengan game engine yang lain
contohnya saja: Director dan Torque game engine. Unity sebanding dengan mereka
( Director dan Torque ) dikarenakan mereka semua sama – sama menggunakan grafis
yang digunakan untuk pengembangan aplikasi 3D.
Dalam beberapa tahun perkembangannya, sebelum dirilis, Unity
telah diluncurkan pertama kali sebagai versi pra – rilis dengan GooBall sebuah
video game yang didesain khusus untuk Apple Macintosh.
GooBall, dengan unity pra – rilis , telah diluncurkan atau
diumumkan pada bulan Maret tahun 2005, sementara itu Unity diluncurkan secara
resmi sebagai aplikasi yang bersifat komersial pada dua bulan setelahnya yaitu
bulan Juni tahun 2005.
Satu tahun kemudian yaitu tahun 2006, aplikasi pengembang
game ini telah menjadi nominasi untuk Apple design awards dalam kategori “Best
OS X Graphics”.
Unity juga disebut sebagai aplikasi pengembang
multiplatform, yang mana artinya unity mendukung untuk mengembangkan aplikasi
game dan aplikasi yang lain untuk beberapa platforms seperti game console,
Mobile Phone platforms, Windows dan OS X.
Sejak unity secara resmi dirilis sebagai Unity versi 1.0.1,
banyak pembaharuan (update), upgrades dan fitur yang telah ditambahkan selama
tahun perilisannya tersebut dan Unity terus berkembang secara terus – menerus.
Sekarang ini Unity sudah ada pada versi 3.0 yang telah diumumkan pada bulan
Maret 2010, bagaimanapun versi ini masih didalam pre order, yang mana artinya
pengguna dapat memesan tetapi sebenarnya software masih belum rilis untuk
pengiriman.
Unity ada atau datang dengan beberapa pilihan perijinan
(license), berkisar dari yang gratis untuk Unity paket utama ( dasar ) untuk
Unity pro, untuk satu license dijual
dengan harga $1200. Baik Unity yang versi gratis dan Unity yang versi pro
menawarka banyak fitur yang dapat digunakan, masih untuk yang versi gratis
memperlihatkan sebuah halaman spash pada game yang tetap (regular) , dan desain
untuk game online menggunakan Unity watermark.
Lebih dari beberapa tahun banyak game yang dikembangkan dan
dibuat berjalan pada Unity, beberapa lebih ketetapan berada dalam satu bungkus
atau masukkan: Butuh Kecepatan: Dunia, yang mana sekarang ini dalam
perkembangan dan waktunya rilis berikutnya pada tahun ini, WolfQuest, yang mana
rilis pada tahun 2007, Tiger Woods PGA Tour Online , yang mana telah dibuat
pada April pada tahun 2007 dan Atmosphir , yang mana banyak game baru yang
dapat berjalan di Unity.
Harus di catat akan dapat mengembangkan game untuk
Iphone/Ipad platform, degan melakukan upgrade plug-in yang dibutuhkan oleh
Uniy, untuk licensenya dapat diperoleh pada website Unity.
Fitur-fitur
Rendering
Graphics engine yang digunakan adalah Direct3D (Windows,
Xbox 360), OpenGL (Mac, Windows, Linux, PS3), OpenGL ES (Android, iOS), dan
proprietary APIs (Wii). Ada pula kemampuan untuk bump mapping, reflection
mapping, parallax mapping, screen space ambient occlusion (SSAO), dynamic
shadows using shadow maps, render-to-texture and full-screen post-processing
effects.[4]
Unity dapat mengambil format desain dari 3ds Max, Maya,
Softimage, Blender, modo, ZBrush, Cinema 4D, Cheetah3D, Adobe Photoshop, Adobe
Fireworks and Allegorithmic Substance. Asset tersebut dapat ditambahkan ke game
project dan diatur melalui graphical user interface Unity.
ShaderLab adalah bahasa yang digunakan untuk shaders, dimana
mampu memberikan deklaratif “programming” dari fixed-function pipeline dan
program shader ditulis dalam GLSL atau Cg. Sebuah shader dapat menyertakan
banyak varian dan sebuah spesifikasi fallback declarative, dimana membuat Unity
dapat mendeteksi berbagai macam video card terbaik saat ini, dan jika tidak ada
yang kompatibel, maka akan dilempar menggunakan shader alternatif yang mungkin
dapat menurunkan fitur dan performa.
Pada 3 Agustus 2013, seiring dengan diluncurkannya versi
4.2, Unity mengijinkan developer indie mengunakan Realtime shadows hanya untuk
Directional lights, dan juga menambahkan kemampuan dari DirectX11 yang
memberikan shadows dengan resolusi pixel yang lebih sempurna, textur untuk
membuat objek 3d dari grayscale dengan lebih grafik facial, animasi yang lebih
halus dan mempercepat FPS.
Scripting
Script game engine dibuat dengan Mono 2.6, sebuah
implementasi open-source dari .NET Framework. Programmer dapat menggunakan
UnityScript (bahasa terkustomisasi yang terinspirasi dari sintax ECMAScript,
dalam bentuk JavaScript), C#, atau Boo (terinspirasi dari sintax bahasa
pemrograman phyton). Dimulai dengan dirilisnya versi 3.0, Unity menyertakan
versi MonoDevelop yang terkustomisasi untuk debug script.
Asset Tracking
Unity juga menyertakan Server Unity Asset – sebuah solusi
terkontrol untuk defeloper game asset dan script. Server tersebut menggunakan
PostgreSQL sebagai backend, sistem audio dibuat menggunakan FMOD library
(dengan kemampuan untuk memutar Ogg Vorbis compressed audio), video playback
menggunakan Theora codec, engine daratan dan vegetasi (dimana mensuport tree
billboarding, Occlusion Culling dengan Umbra), built-in lightmapping dan global
illumination dengan Beast, multiplayer networking menggunakan RakNet, dan
navigasi mesh pencari jalur built-in.
Platforms
Unity support pengembangan ke berbagai plaform. Didalam
project, developer memiliki kontrol untuk mengirim keperangkat mobile, web
browser, desktop, and console. Unity juga mengijinkan spesifikasi kompresi
textur dan pengaturan resolusi di setiap platform yang didukung.
Saat ini platform yang didukung adalah BlackBerry 10,
Windows 8, Windows Phone 8, Windows, Mac, Linux, Android, iOS, Unity Web
Player, Adobe Flash, PlayStation 3, Xbox 360, Wii U and Wii. Meskipun tidak
semua terkonfirmasi secara resmi, Unity juga mendukung PlayStation Vita yang
dapat dilihat pada game Escape Plan dan Oddworld: New ‘n’ Tasty.
Rencana platform berikutnya adalah PlayStation 4 dan Xbox
One. Dan juga rumor untuk kedepanya mengatakan HTML akan menjadi platformnya,
dan plug-in Adobe baru dimana akan disubtitusikan ke Flash Player, juga akan
menjadi platform berikutnya.
Asset Store
Diluncurkan November 2010, Unity Asset Store adalah sebuah
resource yang hadir di Unity editor. Asset store terdiri dari koleksi lebih
dari 4,400 asset packages, beserta 3D models, textures dan materials, sistem
particle, musik dan efek suara, tutorial dan project, scripting package, editor
extensions dan servis online.
Physics
Unity juga memiliki suport built-in untuk PhysX physics
engine (sejak Unity 3.0) dari Nvidia (sebelumnya Ageia) dengan penambahan
kemampuan untuk simulasi real-time cloth pada arbitrary dan skinned meshes,
thick ray cast, dan collision layers.
Ogre 3D
OGRE merupakan singkatan dari Object-Oriented Graphics
Rendering Engine yang merupakan game engine fleksibel yang berbasis scene
ditulis dengan bahasa C++ didesain agar lebih mudah dipakai oleh para developer
untuk memproduksi game dan demo yang menggunakan hardware 3D. Library kelas
menggambarkan semua rincian dari penggunaan sistem library seperti Direct3D dan
OpenGL yang menyediakan sebuah antarmuka berbasis pada objek dunia dan kelas
intuitif lainnya.
Fitur-fitur OGRE
1.
Rapih, desain rapi dan dokumentasi penuh dari
semua kelas mesin.
2.
Terbukti,
mesin stabil digunakan dalam beberapa produk komersial.
3.
Direct3D
dan dukungan OpenGL.
4.
Mendukung
OS Windows (semua versi besar), Linux dan Mac OSX.
5.
Membangun pada Visual C + + dan Code:: Blocks
pada Windows.
6.
Membangun di 3 gcc + di Linux / Mac OSX
(menggunakan Xcode)
Kelebihan dan Kekurangan OGRE
Kelebihan yang terdapat pada Ogre diantaranya adalah :
- Gratis (Freeware).
- Open source, dapat dikembangkan secara bebas.
- Dapat memilih render yang diinginkan, OpenGL atau DirectX.
- Kemungkinan kinerja OGRE dalam scene culling lebih baik.
- Dapat dirender dengan baik meskipun dengan kartu grafis bawaan Intel.
- Mempunyai komunitas yang besar.
Dan kekurangan yang terdapat pada Ogre adalah:
- Hanya sebuah rendering engine tidak dilengkapi dengan tool jaringan, suara dan lain sebagainya.
Game Maker
Game
maker merupakan aplikasi game editor yang bersifat free atau gratis. Software
ini bisa digabungkan dengan bahasa pemograman lain seperti C++, berguna bagi
yang ingin membuat game bertipe Arcade(2D), juga sudah disediakan sampel game
yang dibuat dengan software ini, diantara software itu pasti ada satu yang
dikenal yaitu game “1945″.
Game maker
memungkinkan untuk membuat permainan dengan menggunakan drag-and-drop
sederhana,sehingga tidak perlu memiliki pengalaman coding sebelumnya. Ini
mencakup pilihan bahasa pemrograman untuk menambahkan fitur-fitur canggih pada
permainan tanpa perlu menulis satu baris kode.
Software ini
juga dapat membuat permainan mencari profesional dalam sedikit waktu dan
membuat game dengan latar belakang, animasi grafis, musik dan efek suara bahkan
game 3D.
Jika telah
memiliki banyak pengalaman, ada built-in bahasa pemrograman, yang memberikan
fleksibilitas penuh menciptakan permainan dengan Game Maker.
Referensi :
Secara pribadi saya lebih menyukai penggunaan aplikasi OpenGL karena sangat userfriendly dan bahasa pemrgraman yang di gunakan juga tidak sulit
BalasHapus